Membangun Bersama Menikmati Bersama Menuju Tapin Sejahtera

****************************Terwujudnya Kemandirian Pangan dan Petani Sejahtera ******************************************************Informasi Harga Komoditas Strategis pada Minggu III November 2016 ### 1. Beras (kg) : Rp ### 2. Jagung (Kg) : Rp ### 3. Kedelai (kg) : Rp ### 4. Bawang Merah (kg) : Rp ### 5. Cabe Rawit Hiyung (kg) : Rp ###

30/08/16

CALON PENERIMA PENGHARGAAN ADHIKARYA PANGAN NUSANTARA
KABUPATEN TAPIN

Tim verifikasi penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Provinsi Kalimantan Selatan melakukan uji dan kelayakan Bupati Tapin sebagai Dewan Ketahanan Pangan Tapin yang akan diusulkan mendapatkan APN Tingkat Nasional Kategori PEMBINA.

Tim Verifikasi yang dipimpin Kepala BKP3 Prov Kalimantan Selatan langsung melakukan uji dan tanya jawab dengan Wakil Bupati Tapin Ir. H Sufian Noor pada Jumat 26 Agustus 2016.
Enam orang Tim Verifikasi yaitu
1.    Prof. Dr Ir H Lutfhi Ms (Dekan Fakultas Pertanian UNLAM)
2.    Ir. Siti Rahmi Fatmawati MP (Kepala BKP3 Provinsi Kalimantan Selatan)
3.    Ir. H. Fauzi Mahfoed MS (POKJA Ahli DKP)
4.    Ir. H. Yusuf Azis MSc
5.    Dr. Ir. Bambang Fredickus MP
6.    Rahdian Noor Amd

Menurut Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Ir. Siti Rahmi Fatmawati MP, Provinsi Kalimantan Selatan melakukan uji dan kelayakan untuk menerima penghargaan Adhikarya pangan Nusantara di 3 kabupaten yaitu Kabupaten Tapin, Tanah Bumbu, dan Tanah Laut. Dalam Verifikasi calon penerima Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara di tingkat Kabupaten ini, untuk mencocokkan data administrasi dengan sebenarnya, bagaimana kepedulian seorang Kepala Daeerah yang peduli terhadap Ketahanan Pangan di daerahnya. Jadi tidak hanya di Ketahanan Pangan saja tetapi bidang Pertanian serta sarana dan prasarana penunjang lainnya yang telah dilakukan dilengkapi dengan data pendukungnya yang diverifikasi.
Sementara itu, Wakil Bupati Tapin Ir. H. Sufian Noor MP, bidang pertanian dalam waktu 3 tahun terakhir berkomitmen untuk terus mendukung pertanian, karena di Tapin sebagian besar masyarakat bekerja dibidang pertanian. Salah satu dukungan  kami dibidang pertanian ialah Perbaikan Infrastruktur seperti Perbaikan jalan didesa-desa maupun di jalan usaha tani yang sampai pada hari ini sudah mencapai 70 %.
Untuk diketahui pada tahun 2014 lalu hasil padi di Kabupaten Tapin mencapai 156 ribu ton dan untuk konsumsi masyrakat Tapin hanya 20 ribu ton pertahun.

Berikut beberapa calon Penerima Penghargaan APN dari kabupaten Tapin:
     1. Pembina
-       Bupati Tapin
2   2.  Pelaku
-       Nafiah (Kelompok Tani Sejahtera)
-       Kelompok UPPKS Gunung Merbabu
-       KWT Pepaya
3   3. Pelopor
-       Muhammad Khalilurrahman (Pelopor Cabe Hiyung)
4   4. Pelayanan
-       Deden Abdul Wahab (Kepala BP Kecamatan Tapin Selatan)
-       Bambang Mirodo (Inseminator Buatan)
-       Bardiah
5   5. Pemangku
-       A. Bakeri
-       Sukarlis