Membangun Bersama Menikmati Bersama Menuju Tapin Sejahtera

****************************Terwujudnya Kemandirian Pangan dan Petani Sejahtera ******************************************************Informasi Harga Komoditas Strategis pada Minggu III November 2016 ### 1. Beras (kg) : Rp ### 2. Jagung (Kg) : Rp ### 3. Kedelai (kg) : Rp ### 4. Bawang Merah (kg) : Rp ### 5. Cabe Rawit Hiyung (kg) : Rp ###

21/06/16

BKP3 adakan Rapat APN 2016



Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan(BKP3) kabupaten Tapin, melaksanakan rapat koordinasi guna menghadapi ajang penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) tahun 2016, pada senin, 20 juni 2016

Acara yang bertempat di aula kantor badan ketahanan pangan dan pelaksana penyuluhan (BKP3) kabupaten tapin ini, dihadiri para Kabid dan Kasubid BKP3 Tapin, serta para undangan dari SKPD terkait, diantaranya dinas pertanian, tanaman pangan dan holtikultura, dinas peternakan dan perikanan, serta dinas kehutanan dan perkebunan.

Rapat kali ini mengagendakan pembentukan panitia pelaksana kegiatan APN, dimana setiap stakeholder terkait yang dilibatkan dalam ajang tahunan kali ini diharapkan mampu bekerja dan berkoodinasi secara maksimal dalam persiapan maupun pelaksanaan kompetisi APN.

Rapat yang dipimpin kepala BKP3 kabupaten Tapin Ir. H. Yusriansyah, MP, dalam arahannya menyampaikan, bahwa semua pihak terkait harus dapat menggali lebih dalam terhadap para calon penerima penghargaan yang akan di usulkan, sehingga dapat berkompetisi secara maksimal, dengan demikian diharapkan  pelaksanaan APN  dapat benar-benar mencapai sasaran dan tujuan yang diinginkan.

APN sendiri bertujuan untuk mendorong semangat, krativitas dan partisipasi masyarakat serta membangun sinergi antara pemerintah dan masyarakat. Dalam mewujudkan kedaulatan, kemandirian dan ketahanan pangan.

Ajang bergengsi tingkat nasional tersebut terdiri dari 5 kategori penghargaan, diantaranya pelopor ketahanan pangan, pemangku ketahanan pangan, pelaku pembangunan ketahanan pangan yang mencakup kegiatan produksi pangan, pemberdayaan masyarakat, pengembangan industri pangolahan atau perakitan teknologi. Pelayanan ketahanan pangan yang mencakup penyuluhan, penelitian/pengembangan, pengawasan, pengendalian, dan Pembina ketahanan pangan diantaranya gubernur, bupati/walikota, kepala desa/lurah.

Adapun penyerahan penghargaan APN rencananya dilaksanakan pada bulan November 2016, dengan melalui beberapa tahap, dari pembentukan panitia, sosialisasi, pengumpulan profil, penilaian dan verifikasi.(din/Gt)