Membangun Bersama Menikmati Bersama Menuju Tapin Sejahtera

****************************Terwujudnya Kemandirian Pangan dan Petani Sejahtera ******************************************************Informasi Harga Komoditas Strategis pada Minggu III November 2016 ### 1. Beras (kg) : Rp ### 2. Jagung (Kg) : Rp ### 3. Kedelai (kg) : Rp ### 4. Bawang Merah (kg) : Rp ### 5. Cabe Rawit Hiyung (kg) : Rp ###

12/09/14

LOMBA MEMASAK SERBA HARUAN LINGKUP BKP3 KABUPATEN TAPIN

     Kegiatan Lomba memasak serba Haruan (Ikan Gabus) dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 69 dan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ini diikuti oleh 12 perwakilan Balai Penyuluhan Kecamatan dan BKP 3 Kabupaten Tapin.  Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP 3) Kabupaten Tapin menggelar kegiatan tersebut.
     Kepala BKP3 Kabupaten Tapin Ir. H. Yusriansyah, MP menyatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk mempertahankan berbagai olahan ikan Haruan yang selama ini sudah populer di masyarakat Tapin khususnya dan lebih dikenal luas oleh masyarakat luar.  Disamping potensi yang cukup mendukung dengan luasnya kawasan perairan umum yang menjadi habitat ikan ini.
Kegiatan ini juga untuk mendukung program Bupati Tapin kedepan dalam menggalakkan potensi lokal yang memang selama ini melimpah.
         Ir. H.Yusriansyah, MP menandaskan lagi bahwa kegiatan ini diharapkan mampu memberi pengayaan pangan lokal dan memperkenalkan kepada masyarakat luas potensi sumber daya alam khususnya ikan Haruan ini dikembangkan lagi dalam bentuk olahan pangan  yang lebih menarik dan memiliki daya simpan lama.
         Berbagai menu hidangan masakan berbahan dasar ikan Haruan ini disajikan diantaranya adalah 
1.  Haruan Bapanggang
2.  Haruan Pais Manis
3.  Garih Haruan Batanak
4.  Haruan Masak Habang
5.  Haruan Masak Kecap
6.  Haruan Masak Asam
7.  Kambar Banang Haruan
8.  Paisan Haruan Basambal Kaminting
9.  Haruan Babanam Kukuran Bilungka
10.Haruan Panggang Kaluk
11.Garih Haruan Asam Manis
12.Haruan Masak Sop
     Terpilih sebagai terbaik pertama dalam penyajian menu adalah Balai Penyuluhan Kecamatan Tapin Utara dengan Menu Haruan Masak Kecap, dan Balai Penyuluhan Kecamatan Candi Laras Utara sebagai terbaik kedua dengan sajian Haruan Masak Asam, kemudian Balai Penyuluhan Kecamatan Bungur dengan manyajikan Menu Haruan Panggang Kaluk meraih predikat terbaik ketiga.  Namun demikian menurut juri lomba seluruh menu yang disajikan peserta kesemuanya menggugah selera.