Membangun Bersama Menikmati Bersama Menuju Tapin Sejahtera

****************************Terwujudnya Kemandirian Pangan dan Petani Sejahtera ******************************************************Informasi Harga Komoditas Strategis pada Minggu III November 2016 ### 1. Beras (kg) : Rp ### 2. Jagung (Kg) : Rp ### 3. Kedelai (kg) : Rp ### 4. Bawang Merah (kg) : Rp ### 5. Cabe Rawit Hiyung (kg) : Rp ###

27/03/14

PERTEMUAN TEKNIS PENYULUH TINGKAT KABUPATEN



Wakil Bupati Tapin Memberikan Arahan Paca Acara Pembukaan Pertemuan Teknis Penyuluh

Penyuluhan merupakan bagian dari sistem pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan yang mempunyai kedudukan strategis dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia.  Melalui kegiatan penyuluhan dikembangkan kemampuan dan kemandirian petani dan keluarganya, agar mampu mengelola usahataninya secara produktif, efektif dan efisien sehingga mempunyai daya saing tinggi yang dicirikan dengan tingginya produktivitas,mutu dan efisiensi usaha.

     Tujuan yang ingin dicapai pada Temu Teknis Penyuluh ini adalah :
  1. Terwujudnya kesamaan persepsi dalam penyelenggaraan penyuluhan
  2. Adanya sinergisitas antar instansi teknis daerah dalam pemberdayaan pelaku utama dan pelaku usaha bidang pertanian, perikanan dan kehutanan 
  3. Didapatkannya rumusan yang mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat dalam penyelenggaraan penyuluhan 
  4. Tercapainya sebuah kesepakatan dalam bentuk aksi bersama menuju suksesnya swasembada berkelanjutan melalui pengawalan program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) tahun 2014.
Dalam sambutannya Wakil Bupati Tapin menyampaikan bahwa Kita semua sadar peran strategis penyuluh dalam pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan untuk memacu akselerasi pembangunan masyarakat tani yang lebih baik menuju Tapin Mandiri, sejahtera yang agamis.  Disamping itu kegiatan ini juga diharapkan mampu menciptakan pemahaman yang sama kepada pemangku kepentingan terutama para pejabat/aparat di daerah yang menangani program pembangunan yang bersinggungan dengan pemberdayaan masyarakat tani.

Perubahan pola pikir dan perilaku pelaku utama dan pelaku usaha, persaingan pasar regional dan pasar global, fenomena perubahan iklim, kebutuhan akan kelembagaan perdesaan yang tangguh dan mandiri serta tuntutan penyuluh yang profesional berimplikasi terhadap tuntutan pelayanan prima dalam penyediaan jasa pendidikan melalui penyuluhan dan penyediaan informasi yang diperlukan.

Dengan kelembagaan penyuluhan yang kuat di daerah maka dukungan, pengawalan dan sinergi program-program pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan oleh pemerintah, swasta dan masyarakat diharapkan dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi. 

       Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Badan Koordinasi Penyuluhan Provinsi Kalimantan Selatan dalam pemaparannya bahwa perlunya dilakukan optimalisasi kelembagaan penyuluhan di tingkat kecamatan.  Revitalisasi fungsi Balai Penyuluhan Kecamatan adalah salah satu solusi yang sangat mungkin ditempuh saat ini untuk menempatkan kembali peran penyuluhan yang lebih besar di wilayah kecamatan dalam mensukseskan program-program pembangunan khususnya pembangunan di bidang pertanian. Balai Penyuluhan Kecamatan sebagai “Home Base”nya penyuluh harus dikembalikan kepada fungsinya semula.
Wakil Bupati Tapin dan Para Narasumber Pertemuan Teknis Penyuluh


Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kab.Tapin

Sekretaris Bakoorluh Provinsi Kalimantan Selatan

Kepala Dinas Pertanian TPH Kab.Tapin

Kepala BKP3 Kab. Tapin